Sabtu, 05 Oktober 2019

Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukasi Baru dari Frisian Flag

Siapa nih yang anaknya suka minum susu kemasan? Ayo tunjuk tangan! Kalau saya engga, kan belum nikah jadi belum punya anak 😄 tapi saya pumya keponakan yang usianya 3 tahun, suka banget minum susu, salah satunya susu Frisian Flag Milky.


Nah, belakangan yang saya lihat, kemasan kotak susu ini sudah berubah gambar. Biasanya di kotak kan ada karakter dari animasi disney, tapi sekarang karakternya baru. Iya, gambarnya bulet warna putih seperti setetes air gitu. Tapi warnanya putih seperti susu dan memakai pakaian warna biru. Lho, ini karakter apa ya? Saya belum pernah lihat karakter ini di televisi atau internet sebelumnya.

PERKENALKAN ZUZHU DAN ZAZHA!

Usut punya usut, karakter yang ada di kemasan kotak sekarang ini memang karakter baru. Murni baru lahir. Kebetulan tanggal 29 September kemarin, saya diundang ke TMII, Jakarta untuk menghadiri acara launching si tokoh bernama Zuzhu dan Zazha ini. Wah, siapa tuh Zuzhu dan Zazha?

Mereka adalah dua tokoh ciptaan PT Frisian Flag Indonesia. Zuzhu digambarkan seperti tetesan susu dengan pakaian warna biru. Memiliki karakter yang kuat dan memiliki banyak senjata. Sedangkan Zazha berpakaian warna pink, digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan banyak akal. Mereka berdua punya misi yang sama, yaitu mengalahkan Megalon (sosok jahat yang punya rencana membangkitkan sifat-sifat negatif dalam diri anak-anak).

Wah, ternyata Zuzhu dan Zazha bukan sekadar gambar untuk brand Frisian Flag saja, melainkan punya cerita dan petualangan yang seru untuk diikuti.

"Frisian Flag selalu berkomitmen untuk memberikan nutrisi kepada anak-anak Indonesia, dan sekarang kami ingin berinovasi, dengan memberi pengetahuan tentang literasi gizi, karena pengetahuan anak-anak tentang literasi gizi masih sangat rendah," ujar Aliah Shalihah, Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia.

"Misalnya, saat anak akhirnya masuk sekolah, mereka mulai terpapar dengan hal-hal baru yang tidak ada di rumah. Seperti jajan gorengan, jajan es serut sembarang di pinggir jalan, dll. Nah, kehadiran Zuzhu dan Zazha inilah yang membantu mereka memahami mana makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, mana yang tidak," ujarnya lagi.

Berhubung cara berpikir anak-anak tidak bisa disamakan seperti orang dewasa, tentu saja penyampaian tentang literasi gizinya harus sederhana dan nggak banyak teori. Untuk itulah petualangan Zuzhu dan Zazha dibuat dalam dua bentuk, e-comic dan film pendek.

Lalu, Psikolog Putu Andani, M.Psi menjelaskan, "Anak-anak itu senang dengan sesuatu yang merangsang semua inderanya, visual ada, pendengaran ada, cerita petualangan ada, makanya sekarang anak-anak generasi alfa lebih suka main gadget."

Karena itulah, sebaiknya orangtua ikut andil dalam memilihkan konten yang baik dan layak untuk ditonton/baca anak-anak. Seperti kisahnya Zuzhu dan Zazha ini.

Oh, iya. Selain selain launching, pada hari itu ternyata Frisian Flag juga baru memecahkan rekor muri, lho! Wah, hebat ya. Ini adalah rekor muri yang ke-empat Frisian Flag, yaitu berhasil menggelar aktivitas menggambar dan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia.

Selamat!