Senin, 30 Mei 2016

Dari Motivasi Sampai ke Fiksi

Cover buku CeKers Unyu-Unyu

Judul Buku : CeKers Unyu-Unyu
Penulis         : Reni Erina
Penerbit        : PT Elex Media Komputindo
Cetakan        : Pertama 2014
Tebal             : xvi + 158 halaman
ISBN             : 978-602-02-3476-2

Tidak seperti novel-novel pada umumnya, penulis yang lebih akrab dipanggil Bunda Erin ini menyuguhkan cerita yang segar sekaligus inspiratif dalam novelnya yang berjudul CeKers Unyu-Unyu. Memakai latar belakang tempat CK Writing Community / Academy, yaitu tempat yang dijuluki Markas LA oleh para CeKers dan DeKers, Bunda Erin menuliskan satu demi satu kisah yang membuat pembacanya bertanya-tanya, "Tokoh-tokohnya beneran nyata nggak ya?"

Karena kisah yang dituliskan Bunda Erin adalah kisah keseharian para CeKers saat mereka di Markas LA. Mulai dari tokoh Ayka yang doyan banget patah hati, sampai kepolosan tokoh Nata yang bikin orang geregetan.

"Duh, semua berantakan, Kak Niko..."  
"Nata, lo nggak apa-apa, kan?" 

"Sebenarnya aku takut, Kak. Tapi aku coba beraniin diri. Aku ingat pesan Kak Niko tadi, cek kondisi lalu cari bantuan. Aku sudah cek kondisi, Kak. Tapi aku belum cari bantuan. Sebab kata Si Kret cukup kami berdua saja." 

"Nata serius, jangan sok berani!" 

"Aku serius, Kak. Oya, sampai lupa tadi; selamat siang, Kak Niko." 

"Nata! Ya, ampun. Terus gimana sekarang keadaannya? Si Kret gimana?" 

"Sekarang... puaah... aku capek banget, Kak. Kalau Si Kret nggak ada capeknya, dia terus saja memburu..." 

"Nata! Panggil bantuan, segera!" 

"Kata Si Kret nggak perlu, Kak Niko!" 

"Nata, jangan main-main! Gue udah telepon Ayah, dan Ayah menuju ke markas sekarang." 

Di tempatnya, Nata tertegun. "Oo... jadi Ayah juga mau bantuin tangkep tikus sebelum kelas mulai, Kak?" 

"Hah? Maksud lo?" 

--Bab 5 "Ada Penjarah di Markas"

Untuk yang belum tahu, CeKers adalah sebutan untuk anggota yang tergabung di CK Community, sedangkan DeKers merupakan pengasuh-pengasuh komunitas tersebut, termasuk Bunda Erin sendiri.

Ada banyak ilmu yang diberikan para DeKers di CK Community, dan Bunda Erin memasukkan ilmu-ilmu tersebut ke dalam novelnya. Beragam tips seputar literasi di setiap akhir bab, membuat novel ini seperti buku saku wajib bagi calon penulis. Yang pasti, menyimak setiap cerita di dalam buku ini seperti berada di tengah-tengah keluarga CK Community. Ditambah cover novel yang manis, berwarna pink dengan paduan gambar segelas cokelat panas dan warna-warni Macaron.

0 komentar:

Posting Komentar