Kamis, 10 Oktober 2019

Manfaat Mengetahui Usia Hamil Menggunakan Kalkulator Kehamilan


Setiap ibu hamil saat ini pasti membutuhkan informasi mengenai usia kehamilannya. Walaupun ibu hanya bisa mengetahui usia kehamilannya dan tidak bisa mengetahui usia janin tetap saja hal itu sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui usia kehamilan dengan tepat dan akurat maka membuat anda pun bisa mengetahui cara melayani kandungan anda sendiri sehingga bisa mendapatkan gizi dan perhatian yang sesuai dengan umurnya tersebut.

Tidak hanya usia kehamilan yang terus dipantau tetapi berat badan ibu pun juga harus dipantau. Mulai membesarnya sebuah usia kehamilan maka memungkinkan sekali berat badan sang ibu pun akan meningkat dan hal ini membutuhkan perhatian yang lebih agar tidak terjadi kesalahan. Salah satu solusi yang terbaik agar setiap ibu bisa memberikan perhatian yang bertahap untuk kehamilannya yaitu menggunakan Kalkulator Kehamilan. Kalkulator kehamilan merupakan salah sebuah metode yang bisa digunakan untuk para ibu hamil dalam mengetahui berbagai informasi mengenai kehamilan yang sedang dijalankan saat ini. baik dari usia kandungannya lalu berat badan ibu yang seharusnya normal pada masa kehamilan hingga due date kelahiran dari sang buah hati harus bisa diperhitungkan dengan baik. Lalu apa saja sih manfaat dari kalkulator kehamilan ini? Berikut beberapa penjelasannya:

Pertama, manfaat mempelajari kalkulator kehamilan adalah untuk menghitung usia kehamilan yang ada saat ini. Seorang ibu akan mengandung janin selama kurang lebih 38 hingga 40 minggu dari setelah masa pembuahan berlangsung. Walaupun demikian tidak semua wanita memiliki waktu mengandung yang sama, bahkan beberapa wanita tidak mengetahui dan menyadari adanya proses pembuahan yang terjadi pada dirinya sendiri yang berakhir wanita itu mengetahui setelah beliau memeriksakannya kepada dokter dan dokter menjelaskan bahwa kandunganya sudah masuk minggu ke-4.

Dengan menggunakan kalkulator kehamilan ini anda bisa menghitung HTHP atau hari pertama  haid terakhir yang dimiliki wanite tersebut. Dengan begitu maka anda bisa mengetahui usia kehamilan anda sebelum melakukan pemeriksaan kedokter secara langsung maupun setelah melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter kandungan. 

Manfaat kedua yang bisa anda dapatkan adalah dapat menghitung hari perkiraan lahir. Selain bisa mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan anda bisa mengetahui hari perkiraan lahir buah hati Anda.

Anda bisa mengontrol kesehatan sang ibu dan juga berat badan anda agar selama menuju kelahiran mama muda tetap sehat dan bayinya pun juga sehat. Perlakuan yang baik dari sang suami pun menjadi faktor utama kebahagian seorang istri pada saat melahirkan sehingga suami harus terus siap siaga ya. Selain hal bias mengetahui perkiraan lahir, maka anda bisa juga mempersiapkan seluruh perlengkapan untuk persalinan baik untuk sang ibu maupun untuk sang buah hati.

Segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik agar tidak ada yang ketinggalan maupun ada yang terlewat, buatlah list perlengkapan anda dan sang buah hati sehingga sang ayah hanya perlu membawanya dan membantu mama muda. Selain menggunakan kalkulator kehamilan, anda juga sebenarnya bisa mengetahui HPL melalui rumus Neagele, dengan rumus ini anda hanya perlu mengetahui HTHP anda lalu menghitungnya secara manual. Jangan lupa juga sebagai orangtua yang siap siaga tidak hanya perlengkapan persalinan yang dibutuhkan melainkan anda pun harus mempersiapkan rumah sakit yang akan anda jadikan lokasi bersalin. Kebanyakan orang tua sering lupa akan kelengkapan rumah sakit sehingga pada saat due date sang ayah harus berlari kesana dan kemari untuk mencari rumah sakit yang sesuai.